bath room

Kamar mandi dalam vs Kamar mandi luar

“Keberadaan letak kamar mandi mampu mengubah kebiasaan hidup”. Yah..itu yang pernah aku dengar dari berbagai sumber dan dari teman-teman dan tetanggaku pun meng-iya-kan statement itu. Bahwa orang kos dengan kamar mandi di dalam kamar akan lebih rajin mandi dari pada orang yang kos dengan kamar mandi di luar. Dulu ketika aku masih hidup di luar Jawa, aku kos dengan kondisi kamar mandi di luar. Hasilnya, aku jadi hidup lebih irit, maksudnya bukan irit dari segi keuangan, tapi irit di segi pengunaan air, jadi agak mendinglah pajak buat air sebulan, enggak membengkak, he..he..aku juga jadi terbiasa hidup lebih nyaman dengan jarang mandi. Yahh seperti itulah, jarak jauh antara kamar tidur dan kamar mandi membuatku enggan untuk bersahabat dengannya.. sekian lama di negeri orang, akhirnya aku dapat rezeki untuk menimba ilmu di Depok. Disanalah aku dapat kos dengan kondisi kamar mandi di dalam. Aku berharap dengan keadaan seperti itu aku dapat mengubah kebiasaan ku dulu, yang irit terhadap air, tapi ternyata hasilnya sama saja, aku makin irit dalam penggunaan air,kenapa ya? Siapa yang sebenarnya disalahkan?aku apa kamar mandinya?

Leave a Reply

