minimarket

“Carefulness makes safety”

Ini sebuah peringatan keras. Bagi teman-teman sebangsa dan setanah air yang lebih doyan belaja di minimarket, ya..sebenarnya bukan semua minimarket sehh, tapi alangkah baiknya kita harus waspada.

Pernyataan di atas berkaitan erat dengan pengalamanku, sedikit cerita ya.. di kampusku ada minimarket 24 jam, aku sering belanja disitu, karena itu, satu-satunya tempat rujukan terdekat jika perutku ni berdendang. Seringnya, setelah ngambil benda-benda yang kuinginkan, aku langsung ke kasir dan kasih uang sesuai yang tertera pada layar computer, tanpa aku perdulikan nota pembayarannya.. kejadiannya berulang seperti itu..

Iseng punya iseng, aku gak tahu, ada jin baik apa yang nyusup ke fikiranku..suatu saat setelah belanja, aku baca itu nota pembayaran sampai di kos…setelah baca beberapa baris, kayakya ada yang gak beres dengan nota tersebut, karena tidak sesuai dengan benda yang kubeli. Benda yang kubeli hanya satu biji, tapi yang tertulis di nota ada 2 biji..busyet!ketipu dahhhh…

Tapi awalnya aku seh.. gak berburuk sangka ma tu minimarket, paling-paling Cuma kesalahan redaksional ja,maksudnya gak disengaja gitu..Tapi setelah mengalami kejadian yang sama lagi, ketika aku belanja disitu & nota gak sesuai dengan bendanya..aku jadi berfikir lebih keras lagi..he..he (filsuf ne..!) Gak mungkinkan kesalahan gak disengaja terus berulang lagi. Mungkin ini memang sudah rencana mereka untuk melakukan kekeliruan seperti itu. Toh kita ngak mungkin kan gak bayar apa yang kita dah beli. Dari kejadian itu dapat dipetik bahwa “carefulness makes safety”

Ada sedikit tips & trik untuk menghindari penipuan yang sejenis, Smoga gak slalu jadi…ketipu deh..!

1. Inget-inget berapa harga benda-benda yang kita beli & berapa jumlah benda tersebut (aku yakin bisa ko buat nginget tu benda)

2. Setelah benda sampai di pos kasir, lihat tu petugas kasirnya ketika menyinari benda kita dengan inflared, biasanya cukup sekali kasih sinarnya, kalo kejadian tu berulang lagi,,yaa ini yang perlu ditindak lanjuti.

3. Setelah bayar, periksa segera nota dengan benda-benda yang kita beli di depan kasir, jadi kita ada bukti kalo kasir tu salah..masalahnya kebanyakan dari kita malas & malu untuk mencocokan lagi di depan kasir..norak banget kan? Tapi gak apa-apa, pede ja lagi..dari pada kita jadi kecolongan… iya ngaak?

4. Setelah semuanya aman, boleh segera meninggalkan kasir..kasian pembeli yang lain, dah antri & jangan lupa untuk menggingatkan pembeli yang lain untuk ketap “waspada”

Happy belanja

Leave a Reply

