hakikat manusia

manusia pada hakikatnya adalah tidak bebas. karena sejak lahir sudah dikontrol oleh sifat genetik (otak) dan diatur oleh orangtuanya. jadi kepribadian (personality) dibentuk oleh perpaduan antara genetik (Nature) dan lingkungan (nurture). personality diperoleh sejak lahir dan akakn terus dikembangkan sampai dewasa nanti.
sewaktu kecil, faktor genetik (otak) yang menentukan kepribadian kita belum terkontrol dengan baik, sehingga pengaruh dan sistem didikan dari orang tua sangat penting untuk membentuk kepribadian anak selanjutnya. Jika orang tua mampu dan berhasil membentuk kepribadian anak yang baik, maka kepribadian ini akan terus dibawa sampai dewasa nanti. Masa kecil juga disebut dengan “Golden Age” sehingga dimasa-masa ini orang tua harus berusaha untuk mengoptimalkan dlm pembentukan kepribadian itu sendiri.
kepribadian dibentuk oleh otak yang berpusat pada Lobe Frontal. pada anak-anak, emosinya belum terkontrol dengan baik, sehingga sulit untuk menahan cobaan dan lobe frontalnya belum bekerja dengan baik. pada masa remaja (pubertas), masa ini dapat mengoncangkan kepribadian remaja, sehingga sulit untuk mengenali dan memahami perasaan orang lain. Tetapi di sisi lain suka melakukan tantangan.

One Response

  1. nice…….
    satuju….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: