a week at bali 1

jatah tiket membawaku dan 2 temenku terbang ke bali. wuihhh luar biasa, akhirnya bisa membawa tmn2ku kesana. seminggu gak ada kerjaan lain, selain muter-muter mengelilingi bali dengan berbagai cara.

perjalanan pertama kami menyusuri bali bagian selatan. kami berangkat dari denpasar melewati daerah Tuban dan menembus bukit jimbaran by sepeda motor, kami juga mengaet guide yang expert yang tahu banyak jalan tikus untuk mempercepat perjalanan kami. sampai di pintu masuk jimbaran, kita disambut gapura bertuliskan “Universita Udayana” yg merupakan universitas terbesar dan berstatus negeri di Bali. sepanjang perjalanan kita disuguhi berbagai fakultas yg ada di UNUD ini. tak beberapa lama sampailah kita sampai di mulut GWK (garuda wisnu kencana), yaitu taman unik dengan suguhan patung GWK. keingginan masuk tertunda setelah kami dicegat ticket boz seharga 25rb per kepala. kami mundur teratur dengan muka tebal…yachhhh mahal banget! (menurut kita lho….). padalah dulu masuk masih bebas hambatan alias gratis (2003 silam).

dengan berat hati kami meninggalkan GWK, gak pa-pa yg penting dah bisa lihat separuh patung GWK. hi hi…. perjalanan dilanjut ke pura uluwatu. melalui jalan tikus, akhirnya kita sampai ke pura uluwatu setelah 30an menit berjalan. perjalanan kami sungguh tidak terasa, karena sepanjang jalan kami disuguhi pemandangan alam yg elok, perbukitan meliuk-liuk dan panorama pantai yang indah. sampai di pintu utama pura, kami dihadap ticket boz lagi, untung cuma bayar 4rb perkepala, so…kita diizinkan masuk dengan selendang tentunya,. Why???????? ini termasuk kawasan suci, jadi setiap pengunjung harus mengenakan pakaian adat Bali, selendang ini yang diikatkan di pinggang menyimbolkan pakaina tersebut. 

setelah berjalan 10menit, sampailah kami ke kawasan pura. kami langsung berhambur ke tepian pura…waooooo….dasyat…laut lepas yang aduhai…tar terukir indahnya..sungguh ciptaan-Nya yang gak ada tandingannya. pemandangan samudra luas dan lepas, dihiasi tebing nan hijau, wah…tar terlukiskan indahnya. kami terdiam lama terpaku menikmati laut lepas untuk sekian lama. baru kali ini kami melihat pemandangan seperti ini, sungguh menyejukkan dan menentramkan hati. tak ragu lagi kami segera merogoh kamera, yah…harus diabadikan. kami berfoto2 ria di segala sisi. he he…narsis.

sekitar 1 jam kami puas  bermanja-manja dengan uluwatu, kami memutuskan pulang, melewati rute yang sama. . dengan banyaknya pantai kami putuskan mampir ke satu pantai, yup masih alami dengan ombak putih n karang yang menyapa kami dengan lembut, seperti menawarkan diri untuk foto2 bersama. dan pasir putihnya sungguh mempesona. banyak bule yang nangkring disana, sekedar duduk dan kebanyakan berenang dan surving. nama pantainya apa? aku lupa??? masuk ke area tersebut cukup bayar tiket parkir ja (1000-2000 per biji). persingahan kami terakhir menuju kawasan “dreamlad”. pulau impian, memukau……pertama kali menapakkan kaki kesana..hatiku terkesiap. bener2 baru melihat suatu yang lain..fantastik, hamparan perbukitan dengan dihiasi pohon2 nan rapi beserta lampunya serta lapangan golf menghijau. dulu pas pertama kali kesini (2003), suasananya masih asri, original, tak banyak bangunan, serta 2 perbukitan yang dipotong tengahnya, sisi kiri-kanan masih menghijau, tapi sekarang, …bagian kiri dibabat habis untuk komplek perumahan (2010). jelek banget pokoknya, gak enak dipandang. kayak gundul gitu,,,sungguh disayangkan. pemandangan yg lain, banyaknya berdirinya hotel-hotel dan bangunan/fasilitas lain yang memperkeruh keadaan. aneh, wagu…hi hi.. di perbukitan dan dimulut menuju pantai “dreamland”. saat itu kami hanya mengitari kawasan dreamland ja, dah sore, aku berharap pantainya masih bersih dan bening kayak dulu.

petang menjelang sore kami menuruni pukit jimbaran dari “dreamland” kami disuguhi suasana malam, bertebaran lampu di depan perjalanan kami. nikmatttttt…di bukit jimbaran terlihat jelas kawasan bandara ngurah rai, pantai kuta dan pemukiman penduduk dengan karlap-kerlip lampu, memukau…

capekkkkkkkkkkk…sampe kos..perjalanan pertama selesai, rencana kami selanjutnya menaklukan bali tengah dan utara…(kintamani, buleleng, bedugul, wait meeeeee.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: